Pentingnya IT Master Plan


 

 

👨‍💻 Sebuah organisasi pemerintahan, kelembagaan maupun bidang industri saat ini dipengaruhi oleh teknologi informasi. Tekologi informasi mampu membuat strategi yang berfungsi sebagai sumberdaya dalam mencapai tujuan. Strategi tersebut terdiri dari Sistem Informasi (SI), Teknologi Informasi (TI) dan Manajemen SI/TI yang dikenal dengan blue print atau IT Master Plan. IT Master Plan merupakan suatu perencanaan jangka panjang guna mendukung visi dan misi sebuah organisasi.

👩‍💻 IT Master Plan sangat dibutuhkan karena memiliki tujuan strategis yang akan membantu perkembangan dan kemajuan sebuah organisasi. Beberapa fungsi dari IT Master Plan yaitu sebagai : panduan atau dasar perencanaan sebuah organisasi untuk implementasi teknologi Informasi, alat kontrol untuk mengetahui performa implementasi teknologi informasi dan alat untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi akibat implementasi teknologi informasi.

👨‍💻 Nah apabila sebuah organisasi tidak memiliki IT Master Plan, maka akan menimbulkan konsekuensi yang mungkin akan merugikan organisasi tersebut. Lalu, Konsekuensi apa yang bisa terjadi?
• Investasi TI dibuat tanpa adanya tujuan dan dukungan bisnis.
• Sistem tidak terintegrasi dengan baik, hal ini bisa menyebabkan ketidakakuratan data dan tidak koherennya sumber informasi.
• Tidak ada mekanisme untuk memutuskan jumlah sumber daya yang dibutuhkan.
• Rendahnya manajemen informasi, sehingga informasi tidak konsisten, tidak tersedia, tidak akurat atau terlalu lambat.
• Terjadi kesalahpahaman antara pengguna dan pelaksana teknologi informasi.
• Timbulnya konflik antar organisasi karena tidak adanya rencana teknologi informasi.

👩‍💻 Apabila sebuah organisasi memiliki IT Master Plan, maka segala tujuan dan rencana jangka panjang akan terarah dan target pun akan tercapai dengan baik. Oleh sebab itu, penerapan strategi IT Master Plan dianggap sangat penting, karena :
• Penerapan strategi teknologi informasi yang selaras mampu mengidentifikasi di bagian manakah teknologi informasi bisa berkontribusi paling besar, sehingga sebuah organisasi mampu memutuskan prioritas dari sebuah investasi TI.
• Mendapatkan keuntungan yang kompetitif dari peluang bisnis yang sudah direncanakan menggunakan TI.
• Membangun biaya yang lebih efektif dan juga membangun infrastruktur TI yang mudah disesuaikan dengan rencana masa depan.
• Mengembangkan sumber daya yang tepat dan kompeten untuk menyebarkan strategi teknologi informasi ke seluruh lapisan organisasi.

👨‍💻 Strategi dalam IT Master Plan dibutuhkan untuk menjalankan inisiatif perencanaan SI/TI dari sebuah organisasi agar lebih terarah. Penerapan IT Master Plan harus didukung dengan kedisiplinan, kontrol, identifikasi, kerjasama, tanggung jawab dan leadership. Peran Chief Information Officer (CIO) sangat dibutuhkan dalam mendukung implementasi IT Master Plan ini. Chief Information Officer (CIO) bertugas untuk merumuskan, mengawasi dan bertanggung jawab serta mengevaluasi sistem kerja IT Master Plan agar berjalan dengan baik.

👩‍💻 Menjadi seorang CIO harus memiliki dasar-dasar ilmu yang mumpuni, salah satunya dengan mengambil kuliah dengan jurusan yang sesuai, seperti SISTEM INFORMASI.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *