Pengelolaan Investasi Teknologi Informasi (lanjutan)


 

 

🌐 Seluruh portfolio program dan proyek ini berasal dari dokumen rencana strategis (RENSTRA) teknologi informasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain hal tersebut kekuatan keuangan organisasi juga merupakan hal yang penting dimana besarannya telah ditetapkan oleh pimpinan organisasi. Dokumen yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan proses pengelolaan investasi TI antara lain:
1. Kerangka Manajemen Keuangan yaitu kerangka utuh yang di dalamnya tergambarkan beragam komponen pengelolaan keuangan beserta relasi dan fungsinya.
2. Panduan Skala Prioritas Anggaran Teknologi Infomasi yaitu langkah-langkah yang harus dijalankan dalam rangka melakukan skala prioritas terhadap berbagai usulan investasi dan belanja teknologi informasi.
3. Mekanisme Penganggaran Teknologi Informasi yaitu rangkaian langkah baku yang harus diikuti sebagai standar dalam aktivitas pembuatan anggaran investasi dan pembiayaan terkait dengan teknologi informasi.
4. Prosedur Manajemen Pembiayaan yaitu panduan aktivitas yang dipergunakan untuk mengelola pengeluaran aktual investasi teknologi informasi yang diperbandingkan dengan rencana anggaran yang telah disusun dan disepakati sebelumnya.
5. Manajemen Pengukuran Manfaat yaitu proses mengawasi dan memastikan tercapainya manfaat yang diharapkan melalui penerapan teknolofi informasi yang dibangun berdasarkan portfolio investasi.
🌐 Dalam mengukur keberhasilan investasi teknologi informasi dalam organisasi, misalnya dengan cara mengukur rata-rata biaya per transaksi, deviasi antara anggaran dan realisasi, dan presentasi antara pengeluaran teknologi informasi dengan besarnya manfaat yang diperoleh perusahaan.
🌐 Saat ini cara yang paling banyak dipergunakan perusahaan dalam mengelola investasi teknologi informasi adalah dengan melakukan benchmarking atau perbandingan dengan organisasi lain pada industri sejenis. Biasanya kinerja efektifitas manajemen investasi secara alami akan meningkat dari tahun ke tahun berdasarkan hasil evaluasi dan pengalaman sebelumnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *