Information Communication Technology (ICT)


 

 

­čôú┬áTahukah kamu apa itu ICT?

Di zaman digital seperti sekarang penggunaan teknologi dan internet sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya. Kemajuan teknologi bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai macam usia dan penyebarluasan informasi pun sangat mudah di zaman ini. Cukup dengan menggunakan teknologi internet, informasi dapat tersebar dan diakses oleh siapa pun di belahan dunia manapun. Penggunaan ICT dalam industri sudah menjadi suatu keharusan bila ingin berkembang.ICT (Information and Communication Technology) merupakan terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi yang berkualitas. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi

Aspek Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Aspek teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.Oleh sebab itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

Pemanfaatan ICT telah banyak diterapkan diberbagai bidang industri, seperti: pendidikan, perpustakaan, perbankan, manufaktur dan masih banyak lagi. Berikut manfaat yang didapat dalam belajar ICT :
1. Untuk memotivasi dalam mempelajari ICT itu sendiri
2. Untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman
3. Mengembangkan kompetensi di kehidupan sehari-hari
4. Mengembangkan pembelajaran inisiatif,kreatif,bertanggung jawab dan sifat kemandirian dalam diri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *