Peran ICT dalam Berbagai Bidang


 

📢 Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari ICT, pembahasan selanjutnya tentang peranan ICT dalam berbagai bidang:

1. Aplikasi ICT Pada Bidang Pendidikan
Aplikasi ICT dalam bidang Pendidikan dikenal dengan e-education, adanya aplikasi ini membuka peluang Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, sharing resource atau berbagi sumber daya antar lembaga pendidikan, perpustakaan online, CD-interaktif yang menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan, dengan kuliah online, dsb.
2. Aplikasi ICT Pada Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Aplikasi ICT dalam bidang kesehatan, seperti : USG (ultrasonografi) yang bermanfaat untuk melihat organ dalam dan Radiologi yang bermanfaat untuk melihat tulang, dsb.
3. Aplikasi ICT Pada Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik
Aplikasi ICT dalam bidang Pemerintahan dikenal dengan e-Goverment, adanya aplikasi ini dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain, pelayanan publik semakin baik, meningkatkan daya saing bangsa, mewujudkan pemerintahan yang transparan dsb.
4. Aplikasi ICT Pada Bidang Sains Teknik
Aplikasi ICT pada bidang sains dapat dilihat dari adanya alat pendeteksi gempa atau letusan merapi sehingga dapat di antisipasi sebelum terjadi bencana besar sebelum memakan korban yang banyak.
5. Aplikasi ICT Pada Bidang Perbankan
Aplikasi ICT pada bidang perbankan adalah seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
6. Aplikasi ICT Pada Bidang Industri dan Manufaktur
Aplikasi ICT pada bidang Industri dan manufaktur dikenal dengan e-commerce sebagai media transaksi baru. Aplikasi ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.
7. Aplikasi ICT Pada Bidang Transportasi
Aplikasi ICT pada bidang transportasi yang telah digunakan yaitu mesin agro pada taksi yang berguna untuk menghitung biaya yang harus dikenakan kepada pengguna jasa taksi.

Setelah mengetahui banyak sekali pemanfaat ICT di berbagai bidang, sekarang tinggal kita yang harus cerdas membangun / menginisiasi aplikasi apa sih yang harus ada di lingkungan sekitar agar berbasis ICT?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *