Manfaat ICT for OECD di bidang E-Government


 

🕵️‍♀️Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) diperlukan dalam pemerintahan dan telah diakui secara global bahwa dengan pengimplementasian ICT membawa dampak yang bagus yaitu sebagai promotor pemerintahan yang baik dan bersih. Berikut ini manfaat lain dari ICT Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) di bidang pemerintahan:

1. Peningkatan efisiensi: dalam tugas pemrosesan massal dan operasi administrasi publik, ICT dapat membantu dalam peningkatan efisiensi dengan menghemat pengumpulan dan transmisi data, serta menyediakan informasi dan komunikasi dengan pelanggan

2. Peningkatan layanan: berdasarkan permintaan dan nilai pengguna, layanan e-government harus dikembangkan karena pemerintah sebagai organisasi terpadu yang memberikan layanan online dengan lancar. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menggunakan fasilitas internet.

3. Tercapainya hasil kebijakan tertentu: ICT memiliki peranan dalam membantu pemangku yang berkepentingan dalam membagi informasi dan ide yang kemudian digunakan dalam penentuan hasil kebijakan. Tetapi dalam berbagi informasi pada individu, akan menimbulkan isu perlindungan privasi, dan kompromi yang harus dipertimbangkan secara cermat.

4. Berkontribusi terhadap tujuan kebijakan ekonomi: E-Gov berperan serta dalam mengurangi korupsi, peningkatan keterbukaan dan kepercayaan terhadap pemerintah, berperan serta dalam tujuan kebijakan ekonomi, berperan dalam penurunan pengeluaran pemerintah melalui program yang lebih efektif dan efisiens, serta meningkatkan produktivitas bisnis dengan menyederhanakan administrasi yang memungkinkan oleh ICT dan meningkatkan informasi pemerintah.

5. E-Government sebagai kontributor reformasi utama: peningkatan transparansi, memfasilitasi proses berbagi informasi dan penyorotan inkonsistensi internal merupakan reformasi yang didukung oleh ICT

6. Membangun kepercayaan antara Pemerintah dan warganya: ICT berperan dalam membangun kepercayaan dengan melibatkan warga dalam proses kebijakan, promosi pemerintah pemerintah yang terbuka dan bertanggung jawab serta membantu dalam pencegahan korupsi. Selain itu, e-government dapat membantu dalam mendengarkan suara rakyat agar diperdebatkan lebih luas melalui warga untuk memberikan saran yang membangun tentang isu publik dan menilai dampak penerapan teknologi untuk membuka proses kebijakan.

7. Peningkatan transparansi dan tanggung jawab: dalam peningkatan tranparansi proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan menggunakan ICT melalui informasi untuk dapat diakses dengan mudah, mempublikasikan debat dan rapat, anggaran dan pengeluaran, hasil dan alasan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan penting, dan lain sebagainya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *