Mengenali Penipuan Phishing di Internet


Teknologi yang semakin maju ternyata tak hanya mendatangkan manfaat, tetapi juga bisa mendatangkan berbagai bahaya yang berakibat pada kerugian apabila teknologi tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di zaman modern seperti sekarang ini, orang-rang yang tidak bertanggung jawab sering melakukan tindak kejahatan dengan cara penipuan melalu internet. Penipuan tersebut bisa bermacam-macam bentuknya, salah satunya yaitu phishing.
Apa itu pishing? Phishing merupakan suatu tindakan pencurian identitas ataupun data pribadi pada suatu akun melalui sebuah web atau halaman. Phishing berasal dari kata fishing yang artinya memancing. Sesuai dengan istilahnya, cara kerja phishing yaitu pelaku kejahatan memancing korban agar memberikan data-data pribadi milik mereka.
Bagaimana penipuan phishing dapat dikenali? Phising dapat dikenali dengan mudah jika tau apa saja cirri-cirinya. Pesan phishing biasanya memiliki cirri-ciri sebagai berikut :
Berasal dari sumber resmi yang tampak terpercaya
Berisi konten yang dapat membangkitkan emosi, seperti panik, senang, khawatir, bahkan kasihan
Berisi tautan atau link yang harus diklik/dibuka oleh penerima pesan
Berisi pesan yang meminta penerima pesan untuk mengisikan data, misalnya password
Pishing dapat dihindari dengan beberapa cara berikut :
Cek ulang pengirim pesan. Apabila mendapati sebuah pesan, cek terlebih dulu pengirim pesan tersebut. Misalkan pesan melalui e-mail, cek apakah pengirim pesan meletakkan alamat pengirim pada kolom yang benar. Jangan sampai tertipu oleh pengirim yang meletakkan alamat pengirim pada kolom nama pengirim.
Cek isi pesan tersebut. Apabila menerima pesan menggembirakan, jangan senang dulu. Jangan terburu-buru ingin membuka konten atau tautan yang ternyata itu hanya tipuan pengirim phishing. Terlebih pesan tersebut meminta untuk mengisikan suatu data dengan membuka suatu link yang disediakan. Jika tetap ingin mengisikan data, lebih baik buka situs resmi web tersebut pada web baru, lalu ganti lewat web tersebut.
Untuk memastikan apakah pesan yang diterima benar atau tidak, pastikan untuk menghubungi layanan konsumen resmi yang terkait dengan web yang sedang dibuka tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *