Terapkan Kebiasaan Ini Agar Menjadi Programmer Handal


♥ Pada era seperti sekarang ini, di mana teknologi sudah berkembang sangat pesat, seorang pemrogram atau sering disebut programmer akan dituntut untuk lebih memahami teknologi baru dan dapat mengimplementasikannya dengan benar. Selain itu, seorang programmer harus memiliki banyak pengalaman, sehingga dapat beradaptasi dengan masalah-masalah teknologi yang baru. Pengalaman juga akan membuat seorang programmer menjadi lebih kompeten dan lama-kelamaan bisa melakukan hal-hal yang luar biasa di luar kepala.

♥ Untuk menjadi programmer yang handal dan terus berkembang dengan banyak pengalaman, ada beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan. Kebiasaan tersebut yaitu :

1. Rajin membaca berita

Membaca berita bisa menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan agar menjadi yang terdepan di dunia teknologi. Seseorang yang selalu membaca berita pasti akan terus mengikuti perkembangan terkini, khususnya perkembangan teknologi dalam hal pemrograman.

2. Merancang solusi ideal sebelum menulis kode

Sebelum menulis kode, seorang programmer harus membiasakan merancang solusi yang ideal untuk dapat mengimplementasikan kode. Saat merancang sebuah solusi, alangkah lebih baik jika batasan waktu dan arsitekturnya tidak ditentukan, karena programmer harus berfokus pada bagaimana sebuah kode terwujud sesuai dengan solusi ideal yang telah dirancang.

3. Menulis kode yang baik

Saat membuat sebuah program, seorang programmer harus mempedulikan kodenya apakah kode tersebut enak dibaca atau tidak. Jangan sampai kode yang dibuat tidak dimengerti oleh manusia. Karena itu, buatlah kode program yang baik, mudah dimengerti, dan mudah digunakan oleh orang lain.

4. Mengembangkan proyek sampingan

Seorang programmer tidak melulu harus fokus pada satu pekerjaan, tetapi dapat mengembangkan sebuah proyek atau pekerjaan sampingan yang dapat memberikan kebebasan yang lebih luas lagi. Meski hanya proyek sampingan yang cukup sederhana, anggaplah proyek tersebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keahlian dan memperluas wawasan.

5. Belajar dari proyek open source

Dunia open source merupakan dunia yang dipenuhi oleh produk-produk yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Produk-produk yang ada pada open source dapat memberikan kesempatan belajar dengan meneliti cara kerjanya tersebut secara langsung, sehingga teknik yang digunakan bisa ditiru dan dibuat dalam open source milik sendiri.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *