3 Langkah Awal Untuk Mengeksekusi Ide Membangun Startup


Terkadang saat seseorang sudah memikirkan langkah awal untuk memulai perusahaan yang masih dalam angan-angan dan juga sudah punya ide untuk membangun startup, ternyata dari banyaknya ide tersebut, tidak ada satupun dimulai karena bingung memulai dari mana. Tidak ada langkah awal yang dibuat, untuk mewujudkan ide-ide tersebut.

Menentukan beberapa langkah awal yang sangat penting untuk bisa menentukan kerangka kerja awal dan berkomitmen dengan ide startup pilihan.
Jika memang sudah memiliki ide, penting mengetahui beberapa langkah awal seperti berikut yang akan menjadi dasar untuk mengeksekusi ide tersebut.

🍎 Buat lah prototype (website, produk) dengan Minimum Viable Product – MVP
.
Tuangkanlah ide kalian menjadi suatu website atau prototype yang bisa dilihat orang lain. Seeing is believing, begitulah sebuah peribahasa yang menjelaskan bahwa orang harus melihat suatu produk(jika produk harus ada fisiknya, jika ide harus ada situs/web), baru mereka bisa percaya dengan ide tersebut.

🍎 Carilah co-founder
.
Ada pernyataan yang menyebutkan, bahwa mencari co-founder lebih sulit dibanding mencari calon istri/suami. Kalian akan menghabiskan 80% waktu akalian bersama dia. Saya setuju dengan pernyataan tersebut, namun akan lebih baik jika kalian memiliki partner untuk teman berdiskusi dan berbagi tugas.

🍎 Luncurkan produk ujicoba ke pasar & dengarkan kritik saran
.
Jika sudah membuat website, buatlah fitur untuk menampung kritik dan saran. Hal ini penting karena, kalian akan mendapat banyak sudut pandang dan masukan jujur dari orang lain yang menaruh minat pada ide tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *